Cara backup data semua android

IDcerdas.com - Dalam tutorial ini Anda dapat menemukan petunjuk rinci tentang bagaimana Anda dapat mem-backup data yang disimpan di ponsel seperti, gambar, musik, video, kontak, kalender, pengaturan, dll dari smartphone Android atau tablet. Backup ini berlaku untuk semua ponsel android baik itu (Xiaomi, asus, samsung, Htc, sony xperia, lenovo, maupun oppo) untuk menjaga file anda aman, bahkan jika Anda kehilangan perangkat Anda atau bahkan jika Anda ingin mengembalikan perangkat ke pengaturan pabrik.
Cara backup data semua android Xiaomi, asus, samsung, Htc, sony xperia, lenovo, maupun oppo)
Android backup

Cara backup konten perangkat Android 

Tutorial ini dibagi dalam empat (4) bagian dengan petunjuk rinci tentang cara untuk membackup berbagai jenis konten yang disimpan pada perangkat Android Anda (Smartphone atau Tablet):

Bagian 1. Backup Kontak Android, Kalender, Gmail, dll
Bagian 2. Backup Pengaturan Android.
Bagian 3. Backup Android, Foto, Musik & Video.
Bagian 4. Backup Android, Pesan Teks / SMS.

Penting: Sebelum Anda terus mengikuti petunjuk pada tutorial ini, pastikan bahwa Anda sudah memiliki akun Google (Gmail) dan Anda memiliki setup (Added) yang menjelaskan pada perangkat Android Anda.

Bagian 1. Backup (Sync) Kontak Android, Kalender, Gmail, dll
Jika Anda ingin backup kontak, kalender atau Gmail, maka sinkronisasi perangkat Android Anda dengan Akun Google Anda. Untuk melakukannya:

1. Pada perangkat Android Anda, (setelah Anda menambahkan akun Google Anda), pilih Settings
2. Pilih accounts
3. Pilih Akun Google yang Anda ditambahkan pada ponsel Anda.
4. Periksa (pilih) untuk menyelaraskan semua informasi yang tersedia dan kemudian tekan tombol Sync sekarang untuk segera melakukan sinkronisasi kontak, kalender, Gmail, dll ke Akun Google Anda. 

Info: Ketika Anda menyinkronkan ponsel Android Anda dengan akun Google Anda, maka Anda juga menyelaraskan semua kontak, kalender & email Google dari ponsel ke akun itu dan sebaliknya. Jadi, jika Anda membuka akun Google Anda dari komputer atau perangkat mobile dan arahkan ke mis Halaman kontak Google, Anda dapat menemukan bahwa semua kontak telepon Android Anda juga disimpan secara online. Juga jika Anda membuat perubahan pada perangkat atau di Akun Google Anda, perubahan akan diterapkan untuk kedua lokasi (Perangkat & akun Google) ketika Anda terhubung ke Internet.

Bagian 2. Backup Pengaturan Android.
Jika Anda ingin backup pengaturan Android (Wi-Fi password, bookmark, pengaturan aplikasi, dll):

1. Pengaturan, Buka Android -> Accounts.
2. Di bawah bagian Pilihan Backup, ketuk Backup dan reset.
3. Di bawah Backup dan restore pilih Cadangkan kotak data saya. 

Catatan:
1. Jika Anda ingin secara otomatis mengembalikan pengaturan didukung ketika menginstal ulang aplikasi pilih centang Automatic restore juga.
2. Pastikan bahwa Anda telah menambahkan akun cadangan pada pengaturan akun Backup. Untuk menambahkan akun tap akun Backup backup dan kemudian menambahkan akun Google Anda.

Bagian 3. Backup Android Foto, Musik & Video.
Untuk mem-backup foto, musik dan video dari perangkat android Anda, Anda memiliki pilihan ini:
  • Backup secara manual copy-paste (transfer) semua file dari perangkat android Anda ke komputer Anda.
  • backup otomatis: Gunakan aplikasi backup untuk menyinkronkan perangkat android Anda ke penyimpanan. Dalam tutorial ini saya akan menggunakan aplikasi Google photos app atau bisa juga dengan google drive, yang ditawarkan secara gratis dan memungkinkan Anda untuk menyimpan hingga 15GB data ke server Google.
Metode 1. Manual Android Backup.
Metode pertama backup data Android Anda secara manual mentransfer (copy & paste) isi perangkat Anda (Foto, Video, Musik, dll) dengan menghubungkan perangkat Anda ke komputer Anda (PC atau MAC). Saya merekomendasikan metode ini karena lebih "jelas" cara untuk backup data Anda. Satu-satunya kelemahan dari metode ini adalah bahwa Anda harus melakukan tugas ini lebih sering untuk menjaga cadangan Anda. Untuk backup secara manual data android sebagai berikut:

1. Menghubungkan Perangkat Android Anda ke komputer Anda, dengan menggunakan kabel USB.
2. Pada perangkat Android Anda:
  • Sentuh & tarik ke bawah notifikasi bar.
  • Pilih Connected as a media device.
  • Centang kotak Media device (MTP).
3. Pada komputer Anda: buka Windows Explorer dan Anda akan melihat:

a. Sebuah drive baru yang memiliki (Model) nama (misalnya "GT-I9300") perangkat Android Anda, 
b. Sebuah baru "Removable disk", jika Anda telah menginstal kartu SD ke perangkat Anda.

4. Buat folder baru di komputer Anda (misalnya di bawah folder "Documents") dan memberikan nama (untuk folder baru) yang Anda dapat mengenali (mis Android_Backup_11092015). Juga jika Anda memiliki kartu SD, membuat folder baru dan beri nama pada cara yang sama. (Mis SD_Backup_11092015).
5. Kemudian mengeksplorasi perangkat Anda dan lalu copy / paste (backup) ke folder yang dibuat baru pada komputer Anda:

a. Berikut folder dari perangkat Android Anda:
DCIM -> Camera, Photo dan Video.
Musik.
Gambar 
dokumen
download
b. Semua file dari kartu SD perangkat Anda. Penting: jangan lupa untuk mengambil cadangan data Android Anda sesering mungkin.

Metode 2. Android Automatic Backup.
Metode kedua untuk cadangan data Anda dari perangkat Android Anda, adalah dengan menggunakan aplikasi Google. Dengan menggunakan aplikasi Google, operasi backup akan dilakukan secara otomatis, bila telepon Anda memiliki akses Internet (terhubung ke Internet).

Untuk secara otomatis backup data Android Anda dengan Foto Google:

Langkah 1. Download Google Foto App untuk perangkat Anda.
1. Buka Google Play Store.
2. Ketik 'google Photos' di kolom pencarian dan tekan di Google photos dan klik install.
3. Membaca dengan seksama apa aplikasi perlu mengakses dan jika Anda setuju klik Terima.
4. Tunggu sampai instalasi selesai.

Langkah 2. Tentukan Google Setelan Foto Backup.
1. Jalankan Google photos app pada perangkat Anda.
2. Pastikan bahwa pengaturan Back up & sync ON dan ketuk Selesai.
3. Pada bagian kiri atas, tekan Menu
4. Pilih settings.
5. Pilih Backup & settings.
6. Pilih Backup up device folders.
7. Sekarang pilih apa folder lain dari perangkat Anda, yang ingin disinkronkan (backup) Foto penyimpanan Google, dengan memindahkan slider ke ON. 
8. (Opsional) Ketika Anda selesai dengan pilihan folder Anda, tekan panah gambar kiri, untuk kembali pada opsi utama 'Back up & sync' pengaturan. Di sini Anda dapat menentukan pengaturan berikut:

A. Di bawah bagian Mobile Data: Tentukan jika Anda ingin operasi backup (sinkronisasi) harus dilakukan bahkan jika Anda terhubung ke Internet melalui jaringan seluler. 

* Catatan: Secara default cadangan dilakukan, HANYA ketika perangkat Android Anda terhubung ke Internet melalui jaringan WiFi.

B. Di bawah When bagian backup: Anda dapat mengaktifkan operasi cadangan dalam kasus pengisian ponsel Anda  ketika Roaming.

9. Setelah menentukan pengaturan Backup, menunggu sampai folder yang dipilih untuk disinkronkan dengan akun Google yang terkait.
10. Akhirnya Anda dapat mengakses barang-barang Anda yang disinkronkan, dari komputer dan web browser, dengan masuk dengan akun Google yang sama seperti pada perangkat Anda untuk photos.google.com

Bagian 4. Backup Pesan Teks/SMS.
Jika Anda ingin backup pesan SMS dari perangkat Android Anda, Anda memerlukan aplikasi pihak ketiga, seperti SMS Backup + aplikasi. Sebuah panduan lengkap tentang cara menggunakan SMS Backup + aplikasi, untuk backup Pesan teks/SMS Android Anda ke akun Google Anda, dapat ditemukan di sini: Cara Transfer (/ Restore Backup) pesan SMS dari ponsel Android.



EmoticonEmoticon