Panduan Lengkap ala Kominfo Cegah Ransomware WannaCry


Panduan Lengkap ala Kominfo Cegah Ransomware WannaCry  - Dunia global dihebohkan dengan kehadiran ransomware berjenis WannaCry yang menyebar sejak Jumat (12/5/2017). Sejak awal kemunculannya program jahat itu telah berekpansi ke sekitar 100 negara, termasuk Indonesia.


Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) lantas mengambil tindakan cepat dengan merangkul tim yang terdiri atas NGO, Indonesia Security Incident Response Team on Internet Infrastructure (ID-SIRTII), ICT Watch, dan lembat terkait lainnya, untuk bersama-sama mencari solusi atas insiden yang bias disebut sebagai “terorisme cyber”

Rudiantara selaku Menteri Kominfo mengatakan bahwa sejauh ini belum ditemukan dekripsi untuk membuka enkripsi WannaCry. Ransomware ini diketahui banyak menyerang computer perkantoran sehingga perlu dilakukan pencegahan agar tidak mengganggu dunia perkantoran yang akan mulai beraktivitas mulai besok.

Berikut langkah pencegahannya :
1. Matikan WiFi atau cabut koneksi kabel LAN dikantor, sebab ransomware ini tidak menjangkit melalui interaksi seperti missal berkutar data atau email phising. Apabila salah satu computer dalam jaringan WiFi / LAN terjangkit, maka kemungkinan seluruh computer dalam jaringan tersebut juga terkena.

2. Lakukan Backup data melalui system operasi non-Windows (disarankan melalui OS Linux atau Ubuntu).
Mekanismenya, unduh Ubuntu atau Linux dari perangkat lain lalu masukkan ke harddisk atau flashdisk. Sambungkan harddisk atau flashdisk tersebut ke computer Windows dan pilih untuk beralih ementara saat menghidupkan computer.

3. Matikan Fitur SMB Service dan blok port / protocol. Caranya ?
- Masuk ke Control Panel -> Advance Setting -> Protocol and port -> ketikkan 139.455.139 untuk memblokir alamat IP tersebut. Namai pemblokiran tersebut sebagai ‘ransomware’ sehingga jika sudah ada antivirus bias langsung dihapus blokirnya.

Untuk bantuan penangan bisa menghubungi :
ID-SIRTII di 021-31925551 atau 021-31935556 (kantor)
Aries, Ditjen Aptika di 08567235183
Didien, ID-SIRTII di 08119936071

Sumber : Kompas.com


EmoticonEmoticon